Rabu, 25 Januari 2012

Seputar Wimax


(Berikut sedikit ulasan tentang Wimax)

Apa sich Wimax itu ?

WIMAX yaitu kepanjangan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access yang merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar, dengan kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. Wimax juga merupakan evolusi dari teknologi BWA (Broadband Wireless Access) sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Selain mampu memberikan kecepatan data yang tinggi, Wimax juga merupakan teknologi dengan open standar. Di antara beberapa vendor yang berbeda, perangkat Wimax tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (hingga 70 MBps), Wimax dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’.
Yang membedakan Wimax dengan WiFi adalah standar teknis yang bergabung didalamnya. WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan standar ETSI (European Telecommunications Standars Institute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan Wimax menggabungkan standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.
Standar keluaran IEEE digunakan secara luas didaerah asalnya, yaitu Amerika. Sedangkan standar keluaran ETSI penggunanya meluas didaerah Eropa dan sekitarnya. Kedua standar yang di gabungkan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi yang cocok untuk koneksi berjenis broadband lewat media wireless yang di kenal dengan BWA.
Lalu, teknologi dan layanan apa saja yang terdapat dalam Wimax??
            BWA Wimax adalah standards-based technology yang memungkinkan penyaluran akses broadband melalui penggunaan wireless sebagai komplemen wireline. Selain itu, Wimax juga menyediakan akses akses last mild secara fixed, nomadic, portable dan mobile tanpa syarat LOS (NLOS) antara user dan base stasion. Wimax dirancang agar dapat memberikan layanan Point to Multipoint (PMP) maupun Point to Point (PTP) dengan kemampuan pengiriman data hingga 10 Mbps/user.
            Dalam perkembangannya Wimax berada dalam kemampuan range yang cukup lebar. Pada prinsipnya fixed Wimax dikembangkan dari sistem WiFi, sehingga keterbatasan WiFi dapat dikembangkan dari sistem ini, terutama dalam hal coverage/jarak, kualitas dan garansi layanan (QoS). Disamping itu terdapat juga Mobile Wimax yang di kembangkan untuk dapa mengimbangi teknologi selular seperti, GSM, CDMA 2000 maupun 3G. Keunggulan yang terdapat dalam Mobile Wimax yaitu konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemempuan pengiriman data yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sistem Wimax sangat mungkin dan mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun service provider skala kecil.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX



Tidak ada komentar:

Posting Komentar