Jumat, 02 Desember 2011

REVIEW PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

    Perkembangan & Klasifikasi Komputer
Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Kalkulator Mekanis Pertama :
  • Blaise Pascal
Pada tahun 1642, dalam usia 19 tahun menemukan mesin penjumlah mekanis yang pertama yang digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak. Mesin penjumlah ini tersusun atas 50 roda gigi (gear).
  • Charles Babbage
Ahli matematika dari Inggris yang mengembangkan mesin penghitung otomatis. Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada Lovelace,pada tahun 1834 Babbage mengembangkan mesin analitis untuk mengitung tabe astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut  "Different Engine".
  • Herman Hollerith
Mengembangkan mesin hitung yang disebut "Hollerith Desk", untuk menangani sensus di AS tahun 1980, dengan menggunakan sistem kartu plong punched-card untuk mengkoleksi dan melakukan tabulasi data.
  • John Van Neumann
Jenius matematika dari Princeton,mengembangkan teori tentang penyimpan program dalam makalah yang berjudul "A Preliminary Discussion of the Logical Design of an Electronic Computing Instrument" tahun 1946. Ia adalah orang pertama yang menunjukkan kelebihan rangkaian berbasis biner ibanding desimal.
  • Debugger
Pertama kali menemukan "bug" pada komputer, yaitu serangga semacam ngengat yang mati dan menghalangi pembacaaan libang pada pita kertas.
  • ENIAC - details
Menggunakan sistem desimal (bukan binary), memiliki 20 accumulator untuk 10 digits, diprogram secara manual melalui sakelar, berisi 18.000 vaccum tubes, berat 30 ton, luas 15.000 square feet, daya 140 kw dan kecepatannya 5.000 penambahan per detik.
  • Personal Komputer
Tahun 1976 mulai muncul komputer skala kecil yang dimaksudkan untuk digunakan oleh pengguna yang dikenal dengan personal komputer (PC). PC pertama yang dibuat yaitu Altair 8800. Apple merupakan PC yang dibuat pada tahun tsb,selanjutnya IBM PC.

       Input - Proses - Output

* Input Device
Yaitu alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar. Inputan bisa berupa data atau perintah.

Alat input antara lain meliputi :
1. Papan ketik (keayboard)
2. Pointing device (mouse, light pen, touch pad)
3. Scanner (MICR)
4. Sensor (digitzing camera)
5. Voice recogniction (microphone)
6. Video recogniction (web cam)

* Output Device
Yaitu hasil dari pengolahan data dari input. Output dari pengolahan tsb antara lain berupa :
a.Tulisan (huruf, angka & simbol
b.Image (gambar atau grafik)
c. Suara (musik,lagu)

Untuk output berupa tulisan & image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer, sedangkan untuk sound hasil sitampilkan oleh speaker.

Alat output antara lain meliputi :
1. Monitor
2. Proyektor
3. Speaker
4. Printer
5. Plotter

* CPU
Merupakan tempat pemrosesan data atau perintah yang dimasukkan dari input dan kemudian informasi yang dihasilkan dikeluarkan atau ditampilkan ke alat output.
CPU terdiri dari 2 bagian utama, yaitu control unit (CU) & arithmetic and logic unit (ALU). CU bertugas mengatur & mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, sedangkan ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatik sesuaidengan instruksi program.

      Penyimpanan Data
Merupakan peralatan fisik yang menyimpan represetasi data, yang terbagi menjadi 2 golongan, yaitu:
1. Penyimpanan primer : memori yang dapat diakses langsung oleh prosessor. Kecepatan aksesnya           tinggi,kapasitas lebih kecil & harganya mahal (internal storage).
2. Penyimpanan sekunder : memori yang diakses prosessor melalui piranti I/O. Kecepatan aksesnya rendah, kapasitas besar & harganya murah (eksternal storage).

Penyimpanan data, antara lain :
a. Primary Storage
   - Random Access Memory (RAM)
   - Read Only Memory (ROM)
   - Chace
b. Secondary Storage
    Berdasarkan cara akses :
    - Sequential Access Storage Device
      (SASD,sekuensial = berurut) : magnetic tape, punched card, punched paper tape.
    - Direct Access Storage Device (DASD) :
      > magnetic disc : floppy disk/diskette, hard disk (fixed disc)
      > optical disc : CD-ROM, DVD, FMD
      > gabungan : magneto-optical disc
    - Electrical Storage :
      > flash disk
      > MMC, SD, memory stick,CF
      > SSD (Solid State Disk)

     Perangkat Lunak (Software)
Merupakan program yang berisi instruksi/perintah yang dimengerti oleh komputer untuk mrlakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar & menghasilkan suara sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.

Klasifikasi Software :
1. Sistem Opersi => saat komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasilah yang pertama kali djalankan, yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memenejemen penggunaan memori & memberikan pengeluaran ke peralatan yang bersesuaian,contohnya : DOS, unix, windows 95, IMB OS/2, apple's system 7.
2. Perangkat Lunak Bahasa => merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversiakan arsitektur & algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan oleh komputer, contoh : BASIC, COBOL, pascal, C++, FORTRAN.
3. Aplikasi => merupakan perngkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware  troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi hardisk (partisi defrag).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar